Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Pesimis, Hidup Dikampung Bukan Akhir Segalanya! Inilah Usaha Yang Cocok Dikampung

Jangan Pesimis, Hidup Dikampung Bukan Akhir Segalanya! Inilah Usaha Yang Cocok Dikampung

Apakah kalian merasa menyesal telah dilahirkan sebagai anak kampung? Ataukah kalian merasa iri dengan kehidupan orang lain yang tinggal dikota? Jangan pesimis!

Disini kita akan bahas tuntas bisnis dan kehidupan nyaman sebagai orang yang tinggal dikampung, jadi jika teman-teman merupakan seorang yang tinggal di desa dan bingung bisnis apa yang cocok untuk ditekuni, mari merapat kesini.

Bisnis itu berkaitan erat dengan memanfaatkan peluang secara tepat, sehingga dalam konteks ini tidak ada hubungannya dengan dimana tempat kalian sekarang tinggal.

Itu artinya meskipun kalian tinggal dikampung, bukan berarti tidak ada usaha ataupun bisnis yang cocok dan bisa untuk ditekuni loh!

Banyak sekali contoh, mereka yang berhasil sukses dan melambungkan namanya sebagai pebisnis handal dulunya memulai usaha dari kampung.

Membaca peluang usaha yang cocok di kampung

Oya, jika kalian jenuh merantau di kota dan ingin pulang kampung namun masih bingung kelak di desa mau usaha apa, sepertinya pembahasan kali ini sangat tepat untuk disimak.

Sebagai putra daerah, kalian jangan hanya terpaku pada ijasah lalu merantau mencari pekerjaan yang mapan berbekal keahlian yang sudah ada.

Cobalah gali potensimu lebih dalam di tanah kelahiran sendiri, meskipun daerahmu merupakan sebuah pedesaan yang sepi dan terpencil atau apapun itu yang dibutuhkan adalah membaca peluang yang ada.

Iya, cukup membaca peluang usaha saja itu sudah lebih dari cukup untuk memulai bisnis dan karir cemerlangmu di kampung halaman.

Ketika sebuah peluang usaha telah kamu dapatkan maka selanjutnya tentu sudah ada gambaran mau seperti apa langkah untuk memulainya.

Namun jika saat ini mainset kalian belum terbuka, berikut beberapa contoh jenis usaha yang bisa kalian gunakan sebagai referensi untuk memulai bisnis di kampung.

Jenis usaha yang cocok di pedesaan

Jika membahas jenis usaha yang cocok, sebenarnya setiap individu memang memiliki kecocokan yang berbeda-beda, sehingga gunakan ini sebagai referensi yang nantinya bisa di sesuaikan dengan tingkat kemampuan dari kalian masing-masing.

1. Bisnis di bidang Pertanian

Kadang bagi para pemuda apalagi untuk generasi milenial seperti saat ini merasa malu dan tidak puas jika harus bertani.

Padahal bisnis usaha dibidang pertanian tidak melulu seperti yang dibayangkan, kita bukan berarti harus bercocok tanam di kebun, menanam pohon atau sejenisnya.

"Pertanian itu luas cangkupannya," ini yang perlu digaris bawahi sebelum kita membahas bisnis pertanian lebih dalam lagi!

Pertanian merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki prospek bagus ke depannya, hal ini karena berkaitan dengan minimnya petani saat ini.

loh, petani banyak yang alih profesi mengapa ini malah di ambil sebagai peluang usaha? benar sekali, dalam hukum ekonomi semakin sedikit pelaku yang berkecimpung maka semakin besar peluang kita memenangkan pasar.

Jadi intinya, ketika sebagian besar petani alih profesi, maka itu giliran kalian yang seharusnya terjun di dalamnya.

Perlunya pembaharuan di bidang pertanian

Yang perlu kalian lakukan adalah pembaharuan di bidang pertanian tersebut, mengapa diperlukan pembaharuan dan jenis pembaharuan apa yang harus dilakukan?

Jadi, jika kita amati selama ini para petani di kampung melakukan kegiatan pertanian secara konvensional, jenis tanaman dan teknik budidayanya juga bisa dikatakan relatif sederhana.

Hal tersebut juga yang membuat para petani saat ini terlihat ketinggalan jaman, hasil pertanian yang diperoleh juga sangat minim sehingga banyak yang pindah profesi.

2. Usaha di bidang peternakan

Selain pertanian, ada juga sektor peternakan yang dapat digunakan sebagai referensi bidang usaha yang cocok di kampung.

Lahan yang masih luas, murah, dan jauh dari keramaian sangat cocok dimanfaatkan sebagai tempat untuk memulai usaha peternakan.

Kondisi ini tentu sangat berbeda dengan kondisi lahan di daerah perkotaan, yang terkenal dengan polusi dan keramaiannya, selain itu kepadatan di kota membuat jarang sekali ditemukan lahan kosong yang luas.

Dengan begitu, ini menjadi nilai plus kalian sebagai warga pedesaan untuk sukses lebih mudah bukan? Banyak sekali jenis hewan ternak yang dapat kalian coba budidayakan.

Kalian dapat mencoba peruntungan dengan beternak ayam, bebek, atau bisa juga memelihara kambing, sapi dan sebagainya.

Dalam dunia peternakan, kesuksesan bergantung dari pengalaman. oleh karena itu pahami teknik pemeliharaan dan perawatan yang tepat, sistem pakan yang efektif, serta teknik penjualannya.  

Jika masih ragu untuk memelihara hewan ternak berskala besar, cobalah mulai dengan memelihara dalam jumlah sedikit atau skala rumahan sebagai tahap awal pembelajaran.

Kuncinya teman-teman harus tekun dan mau belajar di bidang ternak, tidak ada hal yang mustahil jika semua di kerjakan dengan sungguh-sungguh.

3. Usaha di bidang perikanan

Jika peternakan merupakan pemeliharaan hewan unggas, ruminansia, dan hewan darat lainnya maka perikanan lebih fokus memelihara hewan air.

Sesuai namanya yaitu perikanan, maka usaha di bidang perikanan ini terdiri dari memelihara ikan, hingga jual beli ikan.

Terlihat simpel namun membutuhkan ketelatenan, namun selama kalian mau belajar tidak ada yang sulit kok.

Daerah di kampung sangat prospek untuk bisnis perikanan, entah kalian sebagai pemilik kolam ikan, usaha jualan pakan dan bibit ikan, ataupun sebagai pengepul ikan hasil panen.

Semua hal yang disebutkan di atas merupakan jenis bisnis di bidang perikanan, silahkan dipilih sesuai kemampuan dan hobi kalian.

Untuk konsepnya sebenarnya sama saja dengan usaha di bidang pertanian maupun peternakan, yaitu memanfaatkan situasi dan kondisi di pedesaan yang sekiranya dapat berkembang menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan.

4. Usaha toko kelontong

Kalau membahas usaha yang cocok dikembangkan di kampung ataupun di wilayah pedesaan memang tidak akan ada habisnya, ada banyak peluang usaha yang bisa kalian coba tekuni.

Salah satu usaha yang di rekomendasikan adalah usaha toko kelontong, yaitu usaha toko atau warung yang menyediakan segala macam kebutuhan pokok namun dalam skala yang terbilang sederhana.

Berbeda dengan toko serba ada (toserba) ataupun minimarket, toko kelontong lebih fokus menyediakan kebutuhan yang banyak diperlukan atau digunakan oleh warga sekitar.

Meskipun jika dilihat dari model toko yang sederhana dan lokasinya yang berada di pelosok kampung, namun jika di tinjau dari stok barang yang tersedia sebenarnya toko kelontong tidak akan kalah lengkap dengan toserba dan minimarket.

prospek usaha toko kelontong

Tentunya jika di lihat dari harga produk yang di jual, toko kelontong mampu bersaing dengan memberikan harga yang relatif lebih murah.

Murahnya barang-barang yang dijual toko kelontong tak lain karena tidak memerlukan biaya tambahan yang memberatkan modal seperti sewa tempat, dan membayar karyawan.

Meskipun harus sewa tempat tentunya harga sewanya jauh lebih murah dibandingkan dengan jika harus membuka sebuah minimarket.

Warung madura toko kelontong yang terstruktur

Seperti yang saat ini sedang buming yaitu warung madura, dimana konsepnya seperti toko serba ada. warung madura menyediakan berbagai macam kebutuhan warga sekitar, mulai dari sembako hingga bensin eceran.

Nah, dengan melihat perkembangan warung madura, maka dapat di pastikan warung kelontong yang kalian kelola nantinya juga mampu seperti warung madura juga.

Konsep warung buka 24 jam juga bisa kalian terapkan di warung kelontong kalian, hal ini mempermudah warga sekitar mendapatkan berbagai kebutuhan setiap saat sekaligus ini akan meningkatkan omset warung.

5. Sales warung

Jenis usaha lain yang cocok di pedesaan adalah sales kebutuhan rumah tangga, namun disini kita akan membahas lebih detail ke sales warung. Bukan sales yang harus bertamu ke setiap rumah warga.

Lebih tepatnya sales warung yaitu mensuplay ataupun mengisi barang persediaan untuk warung kelontong.

Jauhnya tempat kulakan barang dengan lokasi warung yang di tengah perkampungan merupakan peluang usaha buat kalian untuk menyediakan stok barang warung tersebut.

Dengan kemudahan yang kalian tawarkan, mereka para pemilik warung kelontong tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota untuk kulakan stok dagangannya.

Berawal sebagai sales kecil yang khusus menyediakan satu jenis barang, apabila mampu mensuplay sebagian besar warung kelontong maka tentunya omsetnya akan besar juga.

Ditambah jika sudah merasa mampu menambah jenis barang, kalian dapat mensuplay berbagai jenis barang untuk setiap toko kelontong.

Selanjutnya kalian juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru dengan mempekerjakan karyawan membantu mengirim atau mensuplay warung-warug langganan.

Dengan adanya karyawan, jumlah warung yang mampu di handle semakin banyak dan luas pula jangkauan  distribusi kita nantinya.


Posting Komentar untuk "Jangan Pesimis, Hidup Dikampung Bukan Akhir Segalanya! Inilah Usaha Yang Cocok Dikampung"