Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertimbangkan Sebelum Mengadopsi Teknologi, Kesalahan Dapat Berakibat Fatal!

Pertimbangkan Sebelum Mengadopsi Teknologi, Kesalahan Dapat Berakibat Fatal!

Teknologi memiliki peranan penting dalam kemajuan bisnis, dengan penggunaan teknologi yang tepat maka perusahaan memiliki peluang untuk cepat bertumbuh.

Namun, ketika anda salah dalam memanfaatkan teknologi, maka akan berimbas pada perusahaan. Banyak perusahaan yang mengalami masalah karena kegagalan ketika mengadopsi suatu teknologi.

Kesalahan perusahaan dalam memanfaatkan teknologi menyebabkan resiko bangkrut

Penyebab kebangkrutan ataupun kehancuran sebuah usaha dipicu oleh berbagai hal, salah satunya yaitu pemanfaatan teknologi yang salah.

Jika kita sering mengikuti informasi berita bisnis, tentu anda pernah mendengar atau membaca bahwa terdapat perusahaan yang mengalami kebangkrutan. Padahal, dalam kegiatan usahanya sudah didukung oleh kemajuan teknologi.

Itulah salah satu contoh nyata, bahwa kemajuan teknologi tidak selalu dapat digunakan sebagai acuan akan memajukan perusahaan itu sendiri.

Alasan penggunaan teknologi harus dipertimbangkan terlebih dahulu

Teknologi merupakan sumber daya penting bagi perusahaan, penggunaan teknologi yang tepat akan membantu kelancaran aktivitas usaha.

Akan tetapi, sebelum menerapkan sebuah teknologi dalam usaha dibutuhkan rencana dan perhitungan yang matang. Hal ini demi menghindari resiko perusahaan dari ancaman kebangkrutan.

Sebelum mengadopsi sebuah teknologi, kita harus mempertimbangkan secara mendalam mengenai alasan menggunakan teknologi tersebut untuk apa, lalu manfaat yang nantinya diperoleh perusahaan apa saja.

Jangan hanya demi sebuah gengsi atau hanya agar terlihat tidak ketinggalan jaman, anda lantas mengadopsi berbagai teknologi pada perusahaan.

Kesesuaian teknologi dengan kebutuhan bisnis

Sebelum memutuskan teknologi apa yang akan digunakan, perusahaan harus mempertimbangkan kebutuhan bisnis semacam apa yang nantinya akan ditangani oleh teknologi tersebut. 

Dalam hal ini, perusahaan perlu memahami tujuan dan kebutuhan bisnis, serta menentukan teknologi yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut.

Kesesuaian teknologi yang dimaksud disini adalah kecocokan antara jenis teknologi dengan jenis bidang usaha. Sehingga nantinya antara usaha dan teknologi dapat sinkron dan berjalan beriringan untuk saling mendukung.

Sebagai gambarannya, ketika perusahaan membutuhkan salinan data besar, kompleks dan terstruktur. Maka teknologi berbasis penyimpanan data atau database merupakan hal yang saat ini dibutuhkan.

Memang benar, pembuatan database dapat dibuat secara manual dilakukan oleh tenaga manusia, namun dari segi efektivitasnya tentu akan kurang.

Misalnya lagi dalam hal pembukuan laporan keuangan, perusahaan akan membutuhkan teknologi untuk mendukung proses pembukuan yang terstruktur.

Teknologi yang berfungsi untuk menangani proses pembukuan seperti misalnya aplikasi pembukuan adalah solusi yang harus diadopsi oleh perusahaan. 

Artinya ketika perusahaan telah mengadopsi teknologi berbasis database ini nantinya diharapkan tenaga manusia akan lebih efektif dalam mengolah data tersebut. 

Proses data yang cepat dan akurat tentunya akan mendukung kelancaran aktivitas perusahaan, tentunya juga akan meningkatkan hasil yang lebih optimal.

Dan ketika teknologi yang digunakan dapat berfungsi semestinya maka bisa dikatakan perusahaan telah berhasil memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik.

Anggaran khusus untuk mengadopsi teknologi

Dibutuhkan anggaran khusus untuk mengadopsi sebuah teknologi bagi perusahaan. Untuk itu pertimbangkan dahulu apakah perusahaan memiliki anggaran tersebut atau belum.

Jika sudah ada anggaran khusus, pertimbangkan juga apakah teknologi itu memang wajib untuk dimiliki oleh perusahaan? sehingga nantinya anggaran tidak akan terbuang sia-sia.

Anggaran yang tersedia tersebut nantinya untuk membeli dan mengimplementasikan teknologi. Hal ini meliputi biaya perangkat keras dan lunak, biaya pengembangan, biaya pelatihan, biaya dukungan dan pemeliharaan, dan biaya lainnya.

Meskipun secara garis besarnya jumlah biaya yang dibutuhkan tergantung dari jenis teknologi yang akan diimplementasikan, namun anggaran tersebut nantinya bersifat continue atau berkelanjutan sehingga otomatis jumlah anggaran akan tinggi.

Perusahaan yang mengimplementasikan teknologi tanpa persiapan anggaran, akan berdampak pada kekacauan keuangan perusahaan. 

Berani mengadopsi teknologi berarti berani mengeluarkan biaya khusus untuk menunjang keberlangsungan operasional teknologi tersebut.

Infrastruktur dan Kemampuan IT

Sebuah teknologi itu tidak akan berfungsi dengan optimal jika tidak didukung dengan infrastruktur dan kemampuan IT.

Perusahaan harus mempertimbangkan apakah infrastruktur dan kemampuan IT yang dimiliki sudah cukup untuk mengimplementasikan teknologi yang akan digunakan. 

Sebuah teknologi dapat berfungsi secara optimal jika dikelola atau ditangani oleh orang yang tepat, dalam hal ini adalah seorang yang ahli dibidang teknologi tersebut.

Untuk itu, perusahaan harus mengambil tindakan untuk meningkatkan infrastruktur dan kemampuan IT sebelum mengimplementasikan teknologi baru.

Keamanan perusahaan dari teknologi yang digunakan

Ketika memanfaatkan teknologi, perusahaan harus memperhatikan keamanan seperti misalnya keamanan data dan jaringan. 

Perusahaan perlu memastikan bahwa teknologi yang digunakan memiliki fitur keamanan yang memadai untuk melindungi data dan informasi yang penting.

Jangan sampai teknologi menjadi penyebab bangkrutnya perusahaan akibat dari fitur kemanan yang dimiliki kurang baik.

Fitur keamanan harus dimiliki sebuah teknologi karena akan membantu melindungi data dan informasi yang dimiliki oleh perusahaan dari akses yang tidak sah. 

Dalam lingkup perusahaan, data yang dikumpulkan dapat berisi informasi sensitif seperti rincian karyawan, laporan keuangan, dan rahasia dagang yang harus dilindungi dengan sangat hati-hati.

Dengan Fitur keamanan yang baik, tentunya akan membantu mencegah kebocoran data yang dapat menyebabkan kerugian finansial dan reputasi yang besar bagi perusahaan. 

Dengan adanya fitur keamanan yang tepat, informasi sensitif akan dijaga dengan baik dan hanya dapat diakses oleh orang-orang yang berhak.

Teknologi dengan fitur keamanan yang andal dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan relasi bisnis terhadap perusahaan. 

Tentunya pelanggan akan merasa lebih nyaman untuk bertransaksi dengan perusahaan yang memiliki reputasi baik dalam hal keamanan dan privasi data.

Keuntungan lain dari mengadopsi teknologi dengan fitur keamanan baik yaitu akan membantu perusahaan mematuhi peraturan  yang berlaku dan menghindari sanksi atau konsekuensi hukum yang mungkin timbul.

Fitur keamanan yang kuat dapat membantu mengurangi risiko keamanan yang mungkin timbul dari serangan siber atau kesalahan manusia. Hal ini akan membantu menjaga kestabilan sistem dan operasi perusahaan secara keseluruhan.

Pelatihan dalam penggunaan teknologi

Ketika memperkenalkan teknologi baru ke dalam perusahaan, perusahaan perlu memberikan pelatihan yang memadai untuk karyawan. 

Pelatihan harus mencakup cara menggunakan teknologi dan cara memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Pelatihan kepada karyawan harus menjadi bagian perlu dipertimbangkan perusahaan agar nantinya teknologi tersebut mampu berfungsi secara optimal.

Integrasi antara teknologi baru dengan sistem perusahaan saat ini

Ketika mengadopsi teknologi baru, tentunya dibutuhkan keselarasan dengan sistem perusahaan yang sudah dijalankan sebelumnya.

Perusahaan perlu mempertimbangkan apakah teknologi yang akan digunakan dapat diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada. 

Jika tidak, perusahaan perlu mengambil tindakan untuk memastikan bahwa integrasi dapat dilakukan dengan lancar.

Kesimpulan

Secara global, memanfaatkan teknologi dalam kegiatan usaha merupakan langkah yang wajib dilakukan demi perusahaan dapat terus eksis dan mampu bersaing di era digital saat ini.

Namun harus mempertimbangkan fungsi dan manfaat teknologi tersebut, serta memperhitungkan dampak yang akan dihadapi perusahaan ketika mengadopsi suatu sistem baru.

Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, perusahaan dapat memilih teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan secara keseluruhan.

Posting Komentar untuk "Pertimbangkan Sebelum Mengadopsi Teknologi, Kesalahan Dapat Berakibat Fatal!"