Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Live Streaming Facebook Sepi Penonton

penyebab live streming faacebook sepi penonton

Penyebab live streaming Facebook sepi penonton dipengaruhi oleh faktor yang dilakukan dengan disengaja maupun yang tidak secara sengaja.

Selain itu sepinya penonton di acara live streaming facebook mu karena faktor internal dan eksternal. Untuk faktor internal adalah berasal dari kalian sendiri yang menjadi sumber penyebabnya, sedangkan faktor eksternalnya mungkin saja karena memang minat pemirsa yang sedang menurun.

Beberapa alasan penyebab live streaming facebook kalian sepi penonton

Menurunnya jumlah pengunjung atau penonton di acara live streaming facebook memang karena disebabkan oleh banyak faktor, Namun secara umum sepi nya penonton karena dipengaruhi oleh beberapa hal ini.

Kualitas topik

Ketika kalian akan mengadakan siaran langsung di facebook, hal terpenting yang harus kalian lakukan adalah menentukan topik video.

Video dengan topik yang menarik dan berkualitas tentunya dapat menggiring pemirsa di facebook untuk mengikuti acara live streaming kalian.

Pembahasan yang sejenis

Topik atau pembahasan yang sejenis akan memudahkan kalian dalam mendapatkan penonton yang setia dan loyal.

Penonton akan lebih menyukai video yang beralur dan tidak campur aduk. Sehingga mereka akan  videomu sebagai tayangan favorit yang rekomendasi.

Bingung menentukan topik? 

Beberapa jenis topik yang dapat kalian pilih antara lain vlog, yaitu video yang membahas tentang perjalanan, ataupun aktivitas sehari-harimu.

Ada juga topik gaming yaitu menayangkan berbagai hal yang berkaitan dengan game. Untuk video gaming ini umumnya menampilkan aktivitasmu bermain game.

Topik lain yang bisa kalian pilih adalah tentang film dan animasi, yaitu semua video yang berkaitan dengan perfilman termasuk juga kartun.

Lalu ada lagi topik hiburan, biasanya akan menayangkan kisah yang ringan namun tetap menarik, bisa juga berupa cerita yang lucu.

Jika kalian suka membagikan ilmu pengetahuan, topik berisi tutorial adalah alternatif yang dapat kalian pilih. Misalnya tutorial membuat kerajinan tangan, tutorial memasak, dan lain-lain.

Dari banyaknya topik menarik yang bisa kalian angkat, usahakan memilih sesuai dengan keahlian dan hobimu. Kedua hal tersebut akan membuat videomu terlihat profesional dan layak di mata para penonton.

Memiliki nilai positif bagi para penonton.

Penonton umumnya akan mencari sebuah tayangan yang memiliki kesan dan makna di dalamnya. Artinya apabila videomu kurang berkesan, tentunya mereka akan skip atau melewatinya.

Oleh sebab itu usahakan untuk menyuguhkan sebuah tayangan yang bernilai positif dan pastikan juga video yang kalian siarkan tersebut bukanlah sesuatu yang mengada-ada, bukan pula merupakan hoaks.

Ukuran positif dari sebuah video dapat dinilai dari seberapa banyak dan lamanya durasi pengunjung facebook menonton videomu. 

Kualitas video

Penyebab live streaming facebook sepi penonton dapat juga karena pengaruh dari kualitas videonya. Hal ini lebih berkaitan dengan teknik, metode, dan alat yang digunakan dalam pengambilan video. 

Supaya penonton betah berlama-lama menonton video live streaming mu maka minimal usahakan tampilan video yang kamu upload terlihat jernih, suara yang jelas, dan lancar.

Metode pengambilan video

Metode pengambilan video yang baik dapat dilakukan dengan memperhatikan pencahayaan, angle atau sudut pengambilan serta penataan ruangannya.

Misalnya jika kalian membuat video, maka alangkah baiknya jika kamu tidak membelakangi cahaya, karena jika itu dilakukan maka videomu menjadi terlihat gelap.

Kemudian jika kalian merekam di waktu malam, usahakan berikan tambahan lampu penerangan agar kualitas videomu terang.

Kejernihan suara pada video

Hal ini berkaitan dengan lokasi tempat kalian saat mengambil video. Semakin sunyi lokasinya maka akan semakin jernih pula suara yang dihasilkan, begitupun sebaliknya.

Selain itu faktor dari alat perekam suara juga sangat besar pengaruhnya, semakin baik kualitas mic yang kalian gunakan maka semakin minim pula noise yang ditimbulkan.

Kelancaran video

Kelancaran dari sebuah video yang diputar dipengaruhi oleh dua hal. Yang pertama sinyal koneksi internet dan yang kedua perangkat yang digunakan.

Untuk masalah sinyal koneksi sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu sinyal koneksi internet dari kalian sebagai pembuat video live streaming Facebook, dan sinyal koneksi dari mereka yang menonton videomu.

Jika sinyal koneksi buruk akan menimbulkan buffering. Buffering sendiri merupakan hambatan akses data dimana sebuah file, ataupun juga video akan tersendat saat di putar atau di akses.

Perangkat yang kopatibel

Menggunakan perangkat dengan spesifikasi yang sesuai mampu menghasilkan kualitas video yang baik, begitupun sebaliknya jika perangkatmu tidak memadai untuk melakukan live streaming maka hasil videomu akan buruk.

Live streaming yang dibuat asal-asalan dengan metode yang salah dan alat seadanya akan menyebabkan sepi penonton.

Persaingan

Persaingan yang dimaksud disini adalah ditujukan pada sesama pembuat kreator video. entah mereka berbeda niche denganmu ataupun bahkan satu niche dengan topik video yang kalian angkat.

Semakin banyaknya video kreator yang melakukan live streaming, tentunya akan mengakibatkan para penonton menjadi terbagi-bagi.

Artinya jika kalian sedang live streaming, lalu ternyata kreator lain juga melakukan hal yang sama maka kalian harus rela untuk berbagi jumlah penonton. Karena satu penonton tidak dapat menonton dua tayangan live streaming sekaligus, sebelum dia keluar dari live yang sedang ditontonnya saat itu.

Ingat bahwa live streaming atau siaran langsung berbeda dengan jenis video yang diupload terpisah dengan waktu pembuatannya.

Ketika live streaming, durasi video tidak dapat ditentukan dari awal. Sedangkan pada video jenis lain panjang durasi sudah ditentukan.

Memenangkan persaingan untuk mendapatkan jumlah penonton

Tips memenangkan persaingan untuk mendapatkan jumlah penonton yang banyak ketika live streaming facebook antara lain:

  • Pilih niche yang sedang trend, berdasarkan penelitian menyiarkan sesuatu yang sedang tren secara live streaming akan meningkatkan jumlah pengunjung yang signifikan.
  • Mengangkat tema dengan sudut pandang yang unik dan berbeda sehingga membuat penonton penasaran.
  • Pahami karakteristik para pengguna facebook, cari tahu minat mereka dan penuhi kebutuhannya melalui live streaming.

Tingkat keaktifan

Hal lain yang menyebabkan live streaming facebook sepi penonton bisa juga karena kalian kurang aktif melakukan acara live streaming.

Maka dari itu, usahakan rutin dan terjadwal selalu melakukan live streaming agar pengunjung setiamu tidak merasa kecewa dan akhirnya mereka beralih menonton di tempat lain.

Tingkat interaksi

Salah satu penyebab menurunnya atau sepinya jumlah penonton live streaming Facebook karena faktor dari kalian sebagai video kreator yang kurang berinteraksi dengan penonton.

Sebagai seorang video kreator, seharusnya kalian memperlakukan para penonton sebagai tamu yang selayaknya harus disapa, dihormati dan diperlakukan dengan baik.

Penonton adalah target utama kalian melakukan live streaming, terlepas dari tujuan lainnya. Jadi minimal sapalah dengan sopan, beri ucapan selamat datang dan terimakasih karena telah bergabung.

Membalas setiap chat yang muncul ketika sedang live streaming Facebook, Hal tersebut akan membuat mereka merasa dihargai. Ini akan menjadi magnet atau ikatan antara kalian sebagai video kreator dengan mereka sebagai penggemar mu.

berperan aktif dan interaktif dengan penonton mampu meningkatkan jumlah pengunjung live streaming Facebook.

Kebijakan Facebook

Penyebab live streaming facebook sepi penonton bisa juga karena faktor kebijakan yang diterapkan oleh pihak facebook.

Sebagai platform penyedia live streaming, facebook memiliki kriteria-kriteria khusus yang membuat akun atau channel mu layak untuk diprioritaskan atau tidak.

Facebook memiliki algoritma yang salah satu fungsi dan tujuannya merekomendasikan jenis video live streaming yang sesuai dengan minat penonton.

Apabila live streaming yang kalian lakukan dianggap kurang berkualitas dalam segi apapun, maka dapat dimungkinkan pihak bot facebook secara otomatis mengurangi jangkauan pengunjung.

Kesimpulan

Jika kalian mengalami penurunan jumlah penoton pada live streaming facebook, usahakan segera cek kesalahan apa yang telah menghambat dan menjadi kendalanya.

Apabila dibiarkan tetap sepi, maka hal tersebut akan mempengaruhi tujuan kalian dalam melakukan live streaming Facebook tersebut.


Posting Komentar untuk "Penyebab Live Streaming Facebook Sepi Penonton"