Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Promosi Offline Dibalik Promosi Online Yang Sedang Tren

Pentingnya Promosi Offline Dibalik Promosi Online Yang Sedang Tren

Pentingnya promosi offline meskipun saat ini promosi online sedang tren, karena tak lepas dari kebutuhan dan tujuan utama promosi itu sendiri.

Banyak yang mengatakan bahwa promosi offline sekarang sudah tidak penting, kurang bemanfaat dan hanya akan membuang waktu dan biaya, sebetulnya ada kekeliruan atas persepsi terebut.

Untuk alasan keberhasilan sebuah promosi bukan hanya dilihat atau ditakar dari sudut pandang yang se-simpel itu. Namun kita juga harus mempertimbangkan dari sisi yang lainnya.

Pentingnya Promosi Offline Dibalik Promosi Online Yang Sedang Tren bagi perusahaan startup

Perusahaan startup sebagai sebuah perusahaan yang terbilang masih baru atau masih rintisan, memang identik melakukan promosi yang besar-besaran agar di kenal publik.

Promosi sendiri memiliki arti sebagai sebuah tindakan yang dilakukan oleh perusahaan atau penyedia sebuah layanan, untuk memperkenalkan produk, atau jasanya kepada publik atau pasar demi meningkatkan penjualan melalui iklan pemasaran atau iklan marketing.

Sedangkan iklan disini berupa promosi yang umumnya akan dilakukan oleh perusahaan atau penyedia layanan melalui piranti media.

Mengenai piranti media yang digunakan untuk melakukan promosi, terdapat dua tipe yaitu promosi secara offline dan promosi secara online.

Untuk saat ini promosi online adalah yang paling banyak dimanfaatkan atau digunakan oleh perusahaan sebagai media promosi.

Padahal, selain penggunaan promosi online, promosi offline sangatlah penting untuk tetap digunakan khususnya bagi perusahaan rintisan.

Berikut pentingnya promosi offline bagi perusahaan startup:

Sebagai sarana untuk meningkatkan otoritas dan integritas perusahaan

Salah satu kendala yang sering dihadapi sebuah perusahaan startup adalah menyangkut otoritas dan integritas dari perusahaan nya.

Padahal sebuah otoritas dan integritas sebuah perusahaan sangat penting dalam menentukan masa depan dari perusahaan itu sendiri.

Dengan memiliki otoritas dan integritas sebuah perusahaan dapat dikenal oleh publik, dapat dipercaya publik dan tentunya dapat meningkatkan produktivitas nya.

Selain itu, Perusahaan dengan otoritas dan inegritas yang tinggi akan memungkinkan menjadi pemenang dalam persaingan bisnis.

Demi mencapai otoritas dan itegritas yang tinggi tersebut, pentingnya membuat promosi offline juga perlu dilakukan disamping melakukan promosi online.

Menyasar semua kalangan

Sebuah promosi akan dikatakan sukses apabila sampai kepada target yang dituju dan mampu memberikan hasil positif bagi perusahaan.

Sedangkan target promosi itu sendiri memiliki cakupan yang sangat luas. Publik dalam konteks promosi itu artinya kalangan umum, yang juga diartikan untuk menyebut orang dari berbagai unsur dengan latar belakang yang bermacam-macam.

Salah satu kalangan umum tersebut merupakan orang yang tidak tersentuh atau kurang mengenal dunia online. Yang tentunya promosi secara online tidak akan efektif pada kalangan tersebut.

Untuk itu perlu bagi perusahaan startup melakukan promosi offline untuk bisa merangkul kalangan yang tidak terjangkau oleh promosi online demi mencapai target promosi yang seluas-luasnya.

Promosi offline sebagai pendamping promosi online

Seperti disebutkan di awal, bahwa promosi diharapkan mampu memberikan efek positif bagi perusahaan. Sehingga demi mendapatkan hasil yang terbaik maka kedua jenis promosi tersebut yaitu promosi offline dan promosi online harus sama-sama di lakukan secara berdampingan.

Jadi, khususnya bagi perusahaan rintisan promosi offline penting untuk tetap dilakukan meskipun sudah melakukan promosi online.

Sebagai contoh kasus dalam praktek penggunaan promosi offline sebagai pendamping promosi online, adalah pada perusahaan ojek online.

Seperti kita ketahui, ojek online merupakan bidang jasa berupa ojek yang dalam aktivitas perusahaan nya berbasis online dalam melayani konsumen.

Namun meskipun dalam prakteknya membutuhkan teknologi informasi berbasis aplikasi online, namun tetap melakukan promosi secara offline agar lebih dikenal publik.

Salah satunya dengan penggunaan seragam atau jaket dengan warna khusus bagi para driver ojek online. Hal itu merupakan bukti teknik promosi offline.

Yang mana kita meskipun tanpa membuka aplikasi ojek online, dapat mengenali mereka sebagai driver dari perusahaan ojek online hanya dari melihat seragam atau jaket yang dikenakan.

Tingkat kepercayaan publik terhadap promosi offline

Publik atau para konsumen tentunya secara tidak langsung pernah merasakan efek dari promosi offline maupun promosi online. Dan pastinya mereka akan membandingkan dan menilai jenis promosi mana yang menurutnya bisa dipercaya.

Berdasarkan hasil penelitian di lapangan juga beberapa survey yang pernah dilakukan ternyata konsumen lebih yakin dan percaya terhadap promosi offline daripada ketika membaca atau melihat promosi online.

Hal tersebut karena beberapa faktor yang menyebabkan, diantaranya semakin marak penipuan berkedok promosi online.

Setiap orang dapat membuat promosi berupa iklan online, cukup posting produk, klik dan tunggu orderan masuk. Kemudahan ini sering digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oknum yang dimaksudkan tersebut adalah mereka pemilik iklan yang kedapatan melakukan promosi fiktif, yang merugikan konsumen.

Para oknum pelaku penipuan tersebut sengaja memilih promosi online karena jika dibandingkan dengan promosi offline meraka akan lebih mudah dilacak.

Promosi offline tidak asal-asalan

Jenis promosi offline memiliki bentuk yang secara wujud dapat dilihat dan disentuh. Menurut beberapa kalangan hal ini memberikan kesan tersendiri, seperti terkesan lebih memiliki niatan dalam beriklan.

Dalam membuat promosi offline tentunya tidak akan dilakukan secara asal-asalan, terlebih lagi mengingat biaya yang dikeluarkan yang lebih besar jika dibandingkan dengan promosi online.

Kesimpulan

Demikinlah pentingnya melakukan promosi offline dibalik promosi online yang sedang tren saat ini, sebagai bagian dalam upaya teknik marketing.

Bagi perusahaan rintisan yang ingin meningkatkan hasil produksinya, ataupun juga bagi perusahaan yang sudah berkembang agar dapat mampu menjaga bisnisnya tetap eksis diantara banyaknya perusahaan yang mulai tumbuh, Penting untuk tetap melakukan promosi offline.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Promosi Offline Dibalik Promosi Online Yang Sedang Tren"