Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengubah Limbah Kaleng Bekas Menjadi Produk Kreatif Bernilai Ekonomis

Mengubah Limbah Kaleng Bekas Menjadi Produk Kreatif Bernilai Ekonomis

Apakah anda pernah terpikirkan untuk mengubah barang yang tidak berguna menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan kembali bahkan memiliki nilai jual? Kali ini kita akan membahas berbagai tips untuk menjadikan kaleng bekas menjadi produk kreatif yang dapat dijual.

Berbagai Ide Produk Kreatif Dari Limbah Kaleng Bekas

Mulai sekarang, kaleng bekas yang selama ini anda buang bisa anda manfaatkan sebagai produk kreatif yang bernilai ekonomi tinggi.

Tanpa basi-basi, berikut ini berbagai ide produk kreatif dari kaleng bekas yang dapat menjadi inspirasi usaha, khususnya bagi anda yang masih bingung ingin punya usaha sendiri.

Celengan unik dari bahan limbah kaleng bekas

Kaleng bekas dapat anda manfaatkan sebagai produk kreatif untuk membuat celengan. Celengan unik dari kaleng bekas yang akan kita buat ini nantinya dapat digunakan untuk menyimpan uang koin, maupun uang kertas.

Sedangkan untuk menambah kesan menarik, kita juga akan melakukan sedikit sentuhan artistik. Selain itu juga memberi beberapa tambahan bahan sebagai hiasan.

cara membuat celengan dari kaleng bekas

Cara membuat celengan unik dari bahan kaleng bekas

Beberapa hal yang harus anda persiapkan untuk memulai membuat celengan dari kaleng bekas, selain tentunya kaleng bekas juga anda harus mempersiapkan beberapa piranti tambahan terdiri dari alat yang akan digunakan, serta bahan-bahan lain sebagai pelengkapnya.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat celengan dari kaleng bekas antara lain: Gunting, palu, cutter, pisau, alat lukis, dan lem. Sedangkan untuk bahan pelengkap yang dibutuhkan antara lain kertas warna, tali pita, dan tentunya cat warna. 

Langkah-langkah dalam pembuatan celengan dari kaleng bekas:

1. Persiapkan kaleng bekas

Anda dapat memanfaatkan berbagai kaleng bekas untuk digunakan sebagai celengan, misalnya kaleng bekas susu, kaleng bekas minuman, kaleng bekas kue, dan lain-lain.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis kaleng bekas adalah usahakan kaleng tersebut masih dalam kondisi baik, masih bersih, belum penyok, dan tidak berkarat.

Besar dan kecilnya ukuran kaleng bekas yang akan anda gunakan, nantinya akan menentukan besar kecilnya celengan yang berhasil dibuat. 

Tentunya semakin besar kaleng bekas yang digunakan maka semakin besar juga ukuran celengannya sehingga akan mampu untuk menyimpan lebih banyak uang, dan yang pasti nantinya nilai jualnya akan lebih tinggi.

2. Buat lubang di salah satu sisi kaleng

Lubang yang akan kita buat ini nantinya digunakan untuk memasukan uang ke dalam celengan. Anda dapat menggunakan pisau untuk membuat lubang tersebut, ataupun alat lainnya yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

Yang harus diperhatikan ketika membuat lubang celengan dari bahan kaleng bekas, antara lain: 

  • Pastikan meletakan kaleng pada permukaan yang rata
  • Buatlah lubang cukup pada satu sisi permukaan kaleng. mengenai besarnya lubang setidaknya dapat untuk memasukan uang koin.
  • Buat lubang secara perlahan dan hati-hati, bahan kaleng yang tajam dapat menyebabkan cidera
  • Haluskan bagian yang sudah dilubangi tersebut agar terlihat rapi.

3. Tutup sisi samping dan sisi bawah kaleng

Penutupan sisi samping dan sisi bawah pada kaleng ini dimaksudkan untuk menghilangkan kesan bekas pada kaleng. Selain itu juga berfungsi untuk memberikan kesan yang unik.

Anda dapat menggunakan kertas untuk menutup bagian samping kaleng. Gunakan lem tau perekat khusus agar kertas bisa menempel dengan baik.

Selain menggunakan kertas, anda juga dapat menggunakan cat sebagai pelapis untuk menutup bagian samping kaleng tersebut.

4. Finishing pembuatan celengan dari bahan kaleng bekas

Sebagai tahap akhir dari pembuatan celengan menggunakan bahan kaleng bekas ini, anda bisa menghiasnya agar terlihat lebih menarik.

Gunakan pita sebagai ornamen tambahan untuk memberikan tampilan yang cantik. Jika anda memiliki bakat melukis, anda bisa menuangkan karya lukisan terbaik di bagian sisi kaleng tersebut.

Mainan anak dari kaleng bekas

Kaleng bekas dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan mainan anak. Sebenarnya banyak sekali jenis mainan anak yang dapat di kreasikan dari bahan kaleng bekas ini.

Namun saat ini kita akan membahas mainan anak berupa mobil-mobilan dari bahan kaleng bekas. Mobil-mobilan yang akan kita buat ini sangat cocok untuk teman bermain sekaligus media edukasi yang positif bagi anak laki-laki balita.

Cara membuat mobil-mobilan anak dari bahan kaleng bekas

Seperti biasa, kita harus menyiapkan alat-alat yang nantinya akan digunakan dalam proses pembuatan mobil-mobilan. Alat yang harus anda persiapkan antara lain: kaleng bekas, spon, bambu, tang, lem, palu, paku, dan gunting. 

Sedangkan untuk menghiasnya, kita akan menggunakan cat. Oleh sebab itu persiapkan juga kuas khusus yang nantinya dipakai dalam proses pengecatan kaleng.

Tahapan membuat mobil-mobilan dari kaleng bekas

Berikut tahap atau langkah-langkah dalam membuat mobil-mobilan dari kaleng bekas:

1. Membuat kerangka mobil-mobilan

Kita akan gunakan kaleng bekas tersebut sebagai bahan utama membuat kerangka mobil-mobilan. Yang harus anda lakukan dalam membuat kerangka ini adalah dengan cara memotong sisi atas dan sisi bawah kaleng bekas, lalu bagian sampingnya dibentuk menjadi lembaran.

Selanjutnya bentuklah lembaran kaleng bekas tersebut menyerupai kerangka atau body mobil. anda dapat bebas dalam berkreasi dan berimajinasi untuk menyesuaikan model atau jenis mobil-mobilan yang akan dibuat. 

2. Buat empat lubang pada sisi samping kerangka mobil-mobilan

Setelah pembentukan kerangka mobil selesai, buatlah empat lubang disisi samping bagian depan dan belakang menggunakan paku. Lubang ini nantinya akan digunakan sebagai tempat As roda depan dan belakang.

Yang perlu diperhatikan ketika pembuatan lubang ini, pastikan bahwa antara kedua sisi lubang yang berhadapan dibuat dengan sejajar dan presisi. 

3. Membuat as roda mobil-mobilan

Untuk penggunaan As roda, kita akan memanfaatkan bambu. Cara membuat as roda dari bambu ini mirip seperti saat anda membuat tusuk sate. Untuk membuat mobil-mobilan ini, kita hanya membutuhkan dua tusuk sate yang nantinya digunakan sebagai as roda depan dan belakang.

Besarnya as roda tersebut disesuaikan dengan besarnya lubang yang telah kita buat. Pastikan as dapat masuk dengan sempurna dan dapat berputar dengan baik. 

Potong as roda dari bahan bambu tersebut lebih panjang dari ukuran lebar kerangka mobil. Tujuan dari dipotong lebih panjang karena nantinya akan kita gunakan untuk menempelkan roda mobil di setiap ujung as roda tersebut.

4. Membuat roda mobil-mobilan

Dalam pembuatan rodanya kita akan menggunakan spon karet. Namun jika anda ingin yang praktis, kita bisa memanfaatkan sendal jepit bekas.

Pertama-tama, potong melingkar spon karet membentuk seperti roda mobil sebanyak empat buah. Untuk ukuran diameter lingkaran disesuaikan saja dengan jenis dan ukuran mobil-mobilan yang ingin anda buat.

Khusus untuk yang menggunakan sendal jepit bekas sebagai bahan membuat roda, agar kesan sandal jepitnya hilang anda bisa melakukan sayatan tipis dikedua sisi roda.

5. Memasang roda mobil-mobilan

Selanjutnya buat lubang tepat ditengah lingkaran roda menggunakan paku. lubang tersebut nantinya digunakan untuk memasang roda pada as nya.

Masukan keempat roda yang telah kita buat tadi pada setiap as rodanya, sehingga akan terlihat menjadi mobil-mobilan dengan sepasang roda depan dan sepasang roda belakang.

6. langkah finishing pembuatan mobil-mobilan dari bahan kaleng bekas

Setelah semua tahap diatas selesai, langkah terakhir adalah melakukan finishing. Yang perlu anda lakukan adalah memberikan sentuhan warna pada kerangka mobil-mobilan.

Gunakan cat besi agar warnanya terlihat natural dan mampu menempel sempurna pada bahan kaleng. Anda bisa menggunakan warna sesuai selera, dan tentunya menyesuaikan jenis mobil-mobilan tersebut.

Pemilihan warna yang tepat dapat membuat mainan mobil-mobilan anda akan terlihat menarik dan mirip mobil sungguhan.

Tahap ini juga merupakan proses yang menentukan seberapa kelayakan mobil-mobilan yang kita buat untuk dipasarkan.

Gantungan kunci cantik dari kaleng bekas

Kaleng bekas dapat dimanfaatkan menjadi berbagai kerajinan dan produk kreatif yang bernilai jual. Salah satunya adalah dimanfaatkan untuk menjadi gantungan kunci yang menarik.

Yang menarik disini adalah kita dapat menggunakan kaleng bekas tersebut untuk membuat berbagai macam model gantungan kunci, dan tentunya gantungan kunci ini bisa dipasangkan pada berbagai macam jenis kunci, termasuk kunci rumah, kunci mobil, kunci sepeda motor, dan lain-lain.

Keuntungan kunci yang dikasih gantungan

Pernahkan anda kehilangan kunci, ataupun lupa menaruh kunci? Yah itu karena kuncinya tidak memiliki gantungan.

Berikut ini berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dengan adanya tambahan gantungan pada kunci:

  • Dengan adanya gantungan, maka kunci menjadi mudah disimpan.
  • Gantungan kunci sebagai identitas dan ciri khas yang membedakan dari kunci lainnya
  • Tampilan kunci menjadi mencolok, sehingga jika hilang akan lebih mudah ditemukan
  • Gantungan kunci berguna sebagai hiasan, sehingga memberi kesan unik dan menarik pada kunci
  • Gantungan kunci mewakili karakter dari pemilik kunci tersebut

Cara membuat gantungan kunci menggunakan bahan kaleng bekas

Cara membuat gantungan kunci dari bahan kaleng bekas ini bisa anda praktekkan dirumah. Yang perlu anda persiapkan dalam pembuatan gantungan kunci ini antara lain: kaleng bekas, tang, palu, paku, lem, cat, kawat, dan rantai gantungan.

Disini kita akan membuat gantungan kunci berbentuk lingkaran, segitiga, persegi, dan berbagai macam bentuk lainnya. Nantinya anda dapat memilih bentuk tersebut sesuai selera, tentunya semakin unik bentuknya akan semakin rumit proses pembuatannya.

Langkah-langkah membuat gantungan kunci dari bahan kaleng bekas

Setelah semua bahan dan peralatan di persiapkan, kini tiba saatnya untuk memulai proses pembuatan gantungan kunci dari bahan kaleng bekas. 

Disini kita akan memberikan contoh membuat gantungan kunci berbentuk segitiga. Sebagai catatan anda dapat membuat model lainnya, silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing.

1. Potong kaleng bekas menjadi lembaran

Gunakan gunting khusus untuk memotong kaleng bekas menjadi lembaran. Untuk hasil yang optimal bagian sisi atas dan bagian sisi bawah kaleng tidak usah kita gunakan. Selain itu, pastikan pula lembaran kaleng yang dibuat tidak ada yang sobek ataupun berlubang.

2. Buat bentuk segitiga menggunakan kawat

Kawat ini berfungsi sebagai mal atau cetakan, dengan adanya kawat tersebut nantinya akan mempermudah kita saat membentuk gantungan kunci segitiga.

Selain itu kawat kawat tersebut akan menjadikan gantungan kunci yang kita buat lebih kuat dan tidak mudah penyok.

Untuk ukuran bentuk segitiga dari kawat ini menyesuaikan dari besarnya gantungan kunci yang akan dibuat. Artinya semakin besar segitiga yang dibuat, maka semakin besar juga gantungan kunci yang berhasil dibuat.

3. Potong lembaran kaleng menjadi bentuk segitiga

Gunakan kawat yang sudah kita siapkan tadi sebagai mal dalam membentuk segitiga ini. Buatlah satu segitiga dari lembaran kaleng bekas yang telah kita persiapkan. 

Perlu diingat, segitiga dari kaleng bekas ini harus dibuat lebih luas dari ukuran kawat. Setidaknya tambahkan 1 centimeter dari luas segitiga kawat.

Anda dapat menggunakan gunting khusus untuk memotongnya, agar hasil potongan terlihat rapi alangkah baiknya jika dibuat garis alur terlebih dahulu menggunakan spidol.

4. Buat tekukan di setiap sisi kaleng

Kawat mal tadi sekaligus akan kita gunakan menjadi pelipit, sehingga dengan luas segitiga kaleng yang lebih besar dari luas segitiga kawat bertujuan agar kawat dapat di jepit dengan mudah.

Gunakan tang dan palu untuk memudahkan kita membuat tekukan di setiap sisi kaleng. Tekuklah kaleng secara berurutan dan lakukan dengan hati-hati agar hasil tekukannya terlihat rapi.

5. Buat potongan segitiga dengan ukuran yang lebih kecil

Setelah proses pelipatan selesai, lalu buatlah potongan segitiga lagi namun dengan ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya. 

Untuk segitiga yang akan kita buat ini fungsinya sebagai penutup bagian belakang agar terlihat rapi, sehingga pastikan ukurannya tepat dan mampu menutup sisa-sisa pelipit dengan sempurna.

Untuk menempelkan segitiga kecil ini, kita bisa menggunakan lem. Akan lebih bagus jika menggunakan lem besi.

6. Buat lubang pada salah satu ujung segitiga sebagai dudukan rantai

Anda dapat menggunakan paku untuk membuat lubang dudukan rantai, sedangkan untuk rantainya sendiri anda dapat mencarinya di toko-toko aksesoris ataupun di toko online.

7. Tahap finishing pembuatan gantungan kunci dari kaleng bekas

Sampai langkah di atas, gantungan kunci dari bahan kaleng bekas sebenarnya sudah selesai, namun bentuknya masih polos dan kurang menarik.

Sehingga pada tahapan finishing ini kita akan buat gantungan kunci tersebut menjadi terlihat cantik dan memiliki nilai jual.

Kita dapat melakukan pengecatan dan menambahkan lukisan gambar ataupun tulisan agar gantungan kunci dari bahan kaleng bekas ini semakin menarik dan unik

Membuat tempat pensil menggunakan kaleng bekas

Ide kreatif lain yang dapat anda coba adalah membuat tempat pensil dari bahan kaleng bekas. Pembuatan tempat pensil ini layak untuk anda pelajari mengingat banyaknya orang yang membutuhkan tempat pensil ini.

Cara membuat tempat pensil dari bahan kaleng bekas

Kita akan melakukan pembuatan tempat pensil dari bahan kaleng bekas ini dengan cara dan teknik manual, tentunya hasil yang akan didapat nantinya akan dipengaruhi oleh tingkat ketelatenan anda dalam membuatnya.

Seperti biasa hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan berbagai bahan dan peralatan yang akan dibutuhkan dalam pembuatan tempat pensil ini.

Untuk peralatan dan bahan-bahannya antara lain: siapkan kaleng bekas, gunting, palu, paku, kayu, kawat, dan cat. 

Mengenai jenis kaleng bekas yang dapat digunakan untuk membuat tempat pensil ini sebenarnya Anda dapat menggunakan berbagai macam jenis kaleng bekas, namun jenis kaleng yang berbahan tipis akan lebih memudahkan dalam proses pembuatannya.

Langkah-langkah pembuatan tempat pensil dari bahan limbah kaleng bekas

Pastikan anda membaca dan mengikuti setiap tahapannya secara berurutan agar nantinya tidak gagal paham.

1. Potong kaleng bekas menjadi lembaran

Untuk memotong kaleng bekas hingga berbentuk lembaran, anda dapat menggunakan gunting khusus. Dalam pembuatan tempat pensil ini bagian sisi atas dan bawah dari kaleng baiknya tidak digunakan.

2. Membuat mal atau cetakan dari balok kayu

Ukuran dari balok kayu akan menentukan besar kecilnya ukuran dari tempat pensil yang akan di buat. Oleh karena itu penting untuk memastikan kapasitas dan panjang pensil yang nantinya mampu di tampung oleh tempat pensil tersebut.

Disini, kita akan membuat tempat pensil berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 20 cm, lebar 5 cm, dan tingginya 2 cm. Maka mal yang akan kita buat juga harus sama dengan ukuran dari tempat pensil tersebut.

3. Proses pembentukan tempat pensil menggunakan mal

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembentukan tempat pensil menggunakan mal kayu yang sudah kita buat tadi menggunakan teknik manual atau tradisional.

Cara melakukan pembentukannya cukup simpel, pertama letakan mal kayu pada tempat yang rata. Selanjutnya taruh lembaran kaleng diatas mal dan pukul setiap sisinya hingga lembaran kaleng membentuk seperti mal tersebut.

Agar hasilnya rapi dan presisi gunakan palu dari bahan karet atau kayu, lakukan dengan hati-hati dan secara bertahap.

Buatlah hingga dua buah bagian, nantinya satu digunakan sebagai alas tempat pensil dan satunya lagi akan digunakan sebagai penutupnya.

4. Proses pelipatan atau membuat tekukan pada setiap sisinya

Agar terlihat rapi dan tidak membahayakan ketika digunakan, setiap sisinya harus dilakukan penekukan atau dibuat pelipit.

Pada proses penekukan ini, untuk bagian yang akan dijadikan alas tempat pensil dibuat tekukan kedalam, sedangkan bagian yang akaan digunakan sebagai tutupnya di buat tekukan keluar.

5. Pemasangan engsel

Engsel ini nantinya berfungsi untuk menyatukan antara bagian alas tempat pensil dengan bagian penutupnya. Sehingga nanti akan seperti layaknya pintu yang dapat dengan mudah dibuka dan ditutup.

Dalam pembuatan engsel ini, gunakan kawat dan masukan pada saat membuat pelipit di salah satu sisinya. sedang sisi yang lainnya di buatkan lubang sebagai dudukan dari kawat tersebut. 

6. Proses finishing tempat pensil dari bahan kaleng bekas

Agar tampilannya menjadi menarik, wadah pensil yang sudah kita buat tersebut sebaiknya dilakukan pengecatan, anda dapat menambahkan lukisan ataupun tulisan yang sekiranya dapat membuat tempat pensil menjadi unik dan layak untuk dijual. 

cara membuat pot dari kaleng bekas

Membuat Pot bunga dari bahan kaleng bekas

Memanfaatkan kaleng bekas untuk membuat pot bunga yang cantik dan dapat dijual merupakan salah satu langkah dalam mengurangi pencemaran lingkungan serta berguna untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Cara membuat pot bunga dari bahan limbah kaleng bekas

Untuk cara pembuatannya hampir mirip seperti kita membuat celengan dari bahan kaleng bekas, beberapa hal yang membedakan hanyalah pada tahap pemotongan kaleng bekas yang akan dipakai untuk membuat pot bunga.

Berikut langkah-langkah dalam pembuatan pot bunga dari bahan kaleng bekas:

1. Potong kaleng pada bagian atas, hingga membentuk lubang sempurna. 

Yang perlu diperhatikan saat pemotongan ini adalah menyesuaikan dari tinggi pot agar nantinya terlihat ideal. Anda dapat menggunakan gunting ataupun gergaji besi sebagai alat pemotongannya.

Untuk menghilangkan sisa potongan tajam, jangan lupa bekas dari hasil potongan harus di haluskan. gunakan kikir ataupun amplas dalam melakukan proses penghalusan ini.

Bagian kaleng yang berhasil dipotong ini nantinya sebagai bagian atas dari pot yang akan kita buat, sekaligus juga digunakan untuk memasukkan tanah dan bunga.

2. Buatlah lubang kecil di bagian bawah kaleng

Selanjutnya gunakan paku dan buatlah setidaknya 5 hingga 10 lubang kecil pada bagian bawah kaleng. Tujuan dari pelubangan ini nantinya digunakan untuk memberikan celah agar air dapat keluar dari pot, sehingga dapat menghindari efek genangan air berlebih di dalam pot.

Selain itu juga, tujuan dari adanya lubang ini dapat memberikan sirkulasi udara dari bawah sehingga tanah didalam pot selalu gembur, atau tidak menjadi padat.

3. Proses finishing pembuatan pot bunga dari bahan kaleng bekas

Pada proses finishing ini bertujuan untuk menghilangkan kesan bekas pada kaleng tersebut, selain itu dapat memberikan tampilan yang indah dan menarik pada pot bunga.

Anda dapat melakukan pengecatan pada sisi samping kaleng, dan menambahkan tulisan ataupun lukisan. Selain itu anda juga dapat menambahkan hiasan pita agar terlihat semakin cantik.

Tambahkan juga tali untuk membuat pot bunga yang kita buat ini dapat digantung. Sebagai tambahan safety dari kemungkinan jatuh, gunakan tali khusus yang kuat dan jangan lupa lilitkan melingkar di pot kaleng tersebut.

Membuat asbak dari kaleng bekas

Tips lain memanfaatkan limbah kaleng bekas menjadi produk kreatif adalah dengan mengubahnya menjadi asbak.

Dibandingkan dengan asbak yang terbuat dari kaca ataupun kayu, asbak dari kaleng bekas yang akan kita buat ini akan jauh lebih kuat, dan pastinya anti pecah.

cara membuat asbak dari kaleng bekas

Cara membuat asbak menggunakan bahan kaleng bekas

Dalam pembuatan asbak dari kaleng bekas ini, mirip seperti saat membuat mobil-mobilan ataupun tempat pensil.

Kita juga membutuhkan kayu sebagai mal atau cetakan untuk membuat asbak dari kaleng bekas ini. Berikut langkah detail dari pembuatan asbak menggunakan kaleng bekas:

1. Potong kaleng menjadi lembaran

Langkah pertama adalah dengan membuat lembaran dari kaleng bekas, gunakan gunting khusus untuk memudahkan anda memotong kaleng bekas.

2. Membuat mal atau cetakan menggunakan kayu

Berhubung asbak yang akan kita buat ini berbentuk persegi, maka buatlah mal persegi dari kayu dengan ukuran 10 cm persegi, dan tingginya 3 cm.

3. Proses pembuatan asbak melalui cetakan kayu

Untuk proses pembuatannya, letakkan mal kayu ditempat yang datar dan kuat. Selanjutnya taruh lembaran kaleng yang sudah dipersiapkan tadi tepat di atas mal kayu tersebut.

Setelah itu, pukul dengan merata menggunakan palu setiap sisi lembaran kaleng tersebut hingga presisi membentuk mal.

Hasil dari proses ini akan membuat lembaran kaleng berbentuk seperti mangkuk persegi. Sampai disini proses belum selesai, karena anda masih harus membentuk setiap ujung mangkuk tadi menyerupai asbak pada umumnya.

Agar terlihat rapi setelah proses pembentukan selesai, potong bagian ujung dari asbak kaleng. Anda juga perlu melakukan pelipatan atau menekuk ujung kaleng tersebut agar menjadi tumpul dan tidak membahayakan ketika digunakan sebagai asbak.

4. Proses finishing pembuatan asbak dari bahan kaleng bekas

Sebagai tahap akhir, lakukanlah pengecatan agar tampilan asbak menjadi terlihat menarik dan memiliki nilai jual. Anda juga dapat memadukan beberapa warna agar asbak yang berhasil dibuat terlihat unik dan cantik.

Kesimpulan

Demikianlah berbagai ide memanfaatkan limbah kaleng bekas menjadi produk yang memiliki nilai jual. Sehingga kaleng bekas menjadi lebih berguna daripada hanya terbuang sia-sia ataupun juga hanya sekedar di jual kiloan yang pastinya harganya akan lebih rendah.

Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan produk kreatif berbahan kaleng bekas ini, antara lain:

1. Nilai jual dari produk kreatif tergantung dari tingkat kreativitas penciptanya. Semakin mahir dan unik anda membuatnya maka semakin tinggi nilai ekonomisnya.

2. Diperlukan latihan dan percobaan yang panjang sampai produk anda layak untuk diedarkan dipasarkan. Yang perlu anda lakukan hanyalah tekun berlatih, serta perbaiki setiap kesalahan. 

3. Berhubung bahan utama yang digunakan adalah kaleng bekas, yang tentunya mengalami resiko korosi atau berkarat, sehingga dianjurkan untuk memberikan lapisan anti karat pada setiap produk kreatif yang berhasil anda ciptakan. 

Posting Komentar untuk "Mengubah Limbah Kaleng Bekas Menjadi Produk Kreatif Bernilai Ekonomis"