Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Jual Beli HP Second, Potensi Dan Perhitungan Keuntungannya

Bisnis Jual Beli HP Second, Potensi Dan Perhitungan Keuntungannya

Binis jual hp second merupakan jenis usaha yang banyak ditekuni. Faktor daya beli dan minat pasar menjadikan usaha ini semakin berkembang.

Hp merupakan alat komunikasi, yang pada dasarnya bukan merupakan kebutuhan pokok, namun itu dahulu sebelum munculnya smart phone seperti saat ini.

Sedangkan untuk saat ini, bagi sejumlah kalangan Hp merupakan bagian dari hal wajib yang harus dimiliki.

Bisnis jual hp second memiliki potensi yang bagus

Hp bukan lagi hanya digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh, namun sejak terciptanya smart phone fungsinya telah bergeser lebih kearah sumber untuk mendapatkan informasi dan bisnis.

Namun sayangnya, saat ini harga hape baru semakin tinggi. Tentunya harga tersebut di imbangi dengan spek an kualitas yang ditawarkan.

Bagi beberapa kalangan membeli hape baru adalah hal yang mudah, mesipun harganya terbilang mahal tidak terlalu memberatkan.

Akan tetapi kalangan yang termasuk memiliki ekonomi diatas rata-rata tersebut jumlahnya hanya sedikit. Artinya masih banyak kalangan yang merasa keberatan ketika harus membeli hp baru.

Demi memenuhi kebutuhan akan hp tersebut, mereka lebih condong memcari hp second. Fenomena ini menjadi ladang bisnis untuk jual beli hape second.

Peminat hp second terbilang sangat bagus, kondisi ini tercermin dengan banyaknya orang yang mencari hape second di gerai hp dan berbagai marketplace online.

Tujuan orang lebih memilih hape second

Suksesnya bisnis jual beli hp second tak luput dari banyaknya permintaan pasar dalam hal ini konsumen yang tertarik untuk membeli hape bekas ketimbang hp yang masih baru.

Tujuan mereka memilih hape second ketimbang harus membeli hp yang baru antara lain:

Harga hp second yang lebih terjangkau

Tidak dapat dipungkiri bahwa Handphone bekas atau second biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan handphone baru yang sejenis. 

Hal ini bisa menjadi solusi yang baik bagi seseorang yang ingin menghemat uang atau yang memiliki anggaran terbatas.

Sebagai gambaran saja mengenai perbandingan harga hp second dan hp baru, untuk memiliki sebuah hp dengan spek dan kualitas baik, kita hanya perlu membayar 50%-70% nya saja.

Tentunya dengan penghematan hingga 30% ini akan membuat orang lebih memilih hp second dari pada harus menghamburkan uang demi sebuah hape baru yang mahal.

Ditambah lagi jika kita membahas soal fungsi dan kegunaan yang tentunya akan sama saja antara hp second maupun hp baru.

Nilai retensi hp second yang lebih baik

Nilai retensi atau yang biasa disebut nilai jual kembali merupakan salah satu faktor orang lebih memilih membeli hp second ketimbang hape baru.

Perlu di ingat bahwa handphone yang sudah dijual secara resmi kehilangan nilai jual yang signifikan dalam beberapa bulan setelah pembelian. 

Membeli handphone bekas bisa menjadi pilihan yang lebih baik bagi seseorang yang ingin mempertahankan nilai asetnya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jika kita berbicara secara bisnis, nilai retensi akan menjadi tolak ukur dalam setiap pembelian barang. Yang mana sebuah barang atau produk yang memiliki nilai retensi tinggi akan lebih dipilih.

Ketika kita membeli hape second, harganya sudah pasti lebih murah daripada hp yang baru selain itu nilai retensi atau nilai jual dari hp second tidak akan terpaut jauh dari harga awal.

Pilihan model hp second yang lebih banyak

Faktor lain yang menyebabkan orang lebih tertarik membeli hp second adalah karena pilihan model dari hp second lebih banyak daripada hape yang baru.

Kategori Handphone bekas atau second memiliki cangkupan yang luas termasuk model-model lama yang mungkin tidak lagi tersedia di pasar. 

Beberapa orang mungkin lebih suka model lama karena fitur yang mereka butuhkan telah tersedia dalam model tersebut, sehingga tidak memerlukan lagi untuk membeli model yang terbaru.

Selain itu bagi kalangan pecinta barang antik dan jadul, karena model lama memiliki daya tarik yang khusus bagi mereka, maka jenis hp model lama tertentu akan menjadi incaran sebagai koleksinya.

Lalu ada juga kalangan yang sudah terlanjur fanatik dengan sebuah model atau merk hp tertentu, namun karena model yang dimaksud tersebut sudah tidak diproduksi lagi maka secara otomtis akan membeli hp second dengan jenis dan model idamannya.

Hp second lebih ramah lingkungan

Sejumlah kalangan berasumsi bahwa membeli hp baru hanya akan menambah limbah elektronik, sedangkan memanfaaatkan hp second yang masih layak pakai lebih diprioritaskan. 

Dalam beberapa kasus, membeli handphone bekas dapat lebih ramah lingkungan karena mengurangi limbah elektronik yang notabene nya sukar di daur ulang secara alami. 

Dengan memilih untuk membeli produk bekas, kita dapat membantu memperpanjang umur pakai barang-barang yang masih layak pakai dan mengurangi produksi sampah elektronik.

Menghitung keuntungan bisnis jual beli hape second

Untuk menghitung keuntungan dari bisnis jual beli hape second, memang tidak bisa di hitung secara detail dan pasti. 

Tentunya hal ini berkaitan dengan jenis dan model hp yang diperjual belikan, lalu kondisi dari hp tersebut, serta umur atau jangka waktu pemakaian juga akan berpengaruh.

Keuntungan dari satu buah hp second

Secara kalkulasi atau perhitungan kasarnya, keuntungan dari bisnis jual beli satu buah hp second dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

Keuntungan = Harga jual - (Harga beli + Biaya tambahan)

Keterangan:

  • Keuntungan = laba atau hasil yang diperoleh dari setiap transaksi penjulan hp second
  • Harga beli = Jumlah uang yang digunakan untuk modal membeli hp second
  • Biaya tambahan = Merupakan biaya keluar yang digunakan dalam proses transaksi jual beli hp second termasuk ongkos kirim, tenaga, dan lain-lain.
  • Harga jual = Merupakan jumlah uang yang diperoleh dari hasil penjualan hp second

Pendapatan dihitung dari total penjualan handphone bekas, sementara biaya dihitung dari biaya-biaya yang terkait dengan bisnis jual beli hape second seperti yang telah disebutkan di atas.

Sebagai contoh, ketika kita membeli sebuah hp second dengan harga 3.000.000 rupiah, lalu dalam proses transaksinya untuk ongkos kirim dan promosi iklan penjualan membutuhkan biaya 100.000 rupiah. Selanjutnya hp second tersebut berhasil terjual dengan harg 3.500.000 rupiah.

Maka dapat dihitung sebagai berikut:

Harga beli = Rp 3.000.000

Biaya tambahan = Rp 100.000

Harga jual = Rp 3.500.000

Keuntungan = Harga jual - (Harga beli + Biaya tambahan)

Keuntungan = Rp 3.500.000 - (Rp 3.000.000 + Rp 100.000)

Keuntungan = Rp 400.000

Perlu di ingat bahwa keuntungan setiap penjualan tergantung dari jenis, kualitas, dan model hp second yang berhasil di jual.

Ada kalanya keuntungan lebih besar dari yang disebutkan diatas, namun ada kalanya juga akan lebih rendah dari jumlah tersebut.

Kuntungan usaha jual beli hp second dalam satu bulan

Untuk menghitung keuntungan dalam satu bulannya, tergantung dari hasil pencapaian hp second yang berhasil dijual selama sebulan tersebut.

Artinya begini, ketika sehari kita mampu menjual satu buah hp second dengan keuntungan Rp 400.000, maka jika sebulan adalah 30 hari maka keuntungannya dapat dihitung sebagai berikut:

keuntungan 1 kali penjualan = Rp 400.000

Satu bulan = 30 hari

Keuntungan 1 bulan = Rp 400.000 x 30 hari

Jadi, total keuntungan 1 bulan = Rp 12.000.000

Secara realita, semakin banyak handphone second yang berhasil dijual dalam satu bulannya maka semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan.

Posting Komentar untuk "Bisnis Jual Beli HP Second, Potensi Dan Perhitungan Keuntungannya"