Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Penyelenggara Pasar Murah Tidak Rugi? Fungsi Dan Tujuannya Bagi Masyarakat

Apakah Penyelenggara Pasar Murah Tidak Rugi? Fungsi Dan Tujuannya Bagi Masyarakat

Apakah panitia penyelenggara pasar murah tidak rugi? simak lebih lanjut penjelasannya dan sekaligus memahami fungsi dan tujuannya bagi masyarakat.

Pasar murah Menjual barang dengan harga murah

Pasar murah merupakan kegiatan transaksi jual beli selayaknya sebuah pasar, karena disana ada penjual yang menjajakan barang dagangannya, dan barang yang disediakan tersebut boleh dibeli oleh masyarakat.

Sesuai dengan namanya yaitu pasar murah, maka semua barang-barang yang dijual relatif lebih murah dari harga umum dipasaran.

Biasanya barang-barang yang disediakan di pasar murah merupakan kebutuhan bahan pokok sembako, seperti beras, minyak goreng, gula, dan berbagai bahan pangan lainnya.

Alur kegiatan pasar murah

Umumnya kegiatan pasar murah diselenggarakan oleh perorangan, organisasi, maupun oleh instansi pemerintah.

Dalam melakukan kegiatan pasar murah, panitia penyelenggara umumnya akan menggandeng pihak distributor sebagai penyedia barang dagangan.

Namun begitu, mayarakat yang ingin berpartisipasi dalam penyediaan stok dagangan juga akan diijinkan, tentunya dengan ijin dan sesuai aturan yang diberlakukan panitia.

Para distributor yang telah bekerja sama di pasar murah berkewajiban mensuplai produk dengan harga dan kualitas yang telah ditentukan.

Sedangkan untuk masyarakat sekitar yang ingin membeli atau menghadiri acara pasar murah ini tidak bisa sembarangan.

Biasanya sudah ditetapkan secara khusus oleh pihak penyelenggara pasar murah siapa saja yang bisa membeli barang-barang yang ada di pasar murah tersebut.

Penerapan kuota khusus terhadap pengunjung pasar murah ini dilakukan agar kegiatan pasar murah dapat berlangsung sesuai tujuan dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar.

Untuk itu dalam menerapkan kuota pengunjung, biasanya panitia akan meminta bantuan pada pemerintahan daerah setempat dalam hal pendataan warganya.

Pemerintah daerah dalam hal ini bisa mencangkup sebuah kabupaten, kecamatan atau hanya seputar desa, hal ini berkaitan dengan besar atau kecilnya kuota yang disediakan oleh panitia pasar murah.

Pihak Pemerintah daerah akan mendata warga yang layak mengikuti acara pasar murah, dalam hal ini menitik beratkan kepada keadaan ekonomi warganya yang tergolong tidak mampu.

Setiap warga yang didata nantinya akan diberikan kupon sebagai tiket masuk menghadiri acara, yang artinya meskipun sebagai warga sekitar jika tanpa kupon maka tidak akan bisa masuk mengikuti pasar murah.

Selanjutnya untuk besarnya pembelian barang, setiap peserta akan diberikan batasan. Hal tersebut bertujuan agar setiap peserta mendapatkan bagian yang adil dan merata.

Selain itu penetapan batas pembelian dimaksudkan supaya tidak ada oknum yang menyalahgunakan memborong barang di pasar murah secara berlebihan untuk dijual kembali.

Tujuan dan manfaat pasar murah

Terdapat tujuan dan manfaat dengan adanya pasar murah ini, namun yang pasti dari adanya acara tersebut membawa banyak hal positif untuk kepentingan umum.

Pasar murah diselenggarakan pemerintah

Diselenggarakannya pasar murah ini memiliki tujuan dan manfaat yang kaitannya dengan sistem perekonomian dan laju harga bahan pokok di pasaran.

Yang artinya, kegiatan pasar murah diadakan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu membeli kebutuhan bahan pokok sebagai efek dari timbulnya harga bahan pokok yang naik.

Pasar murah yang diadakan oleh Pemerintah ini sebagai upaya untuk memerangi lonjakan harga barang dipasaran yang tidak stabil.

Misalnya pada moment hari besar atau hari raya, seperti yang kita ketahui bahwa harga-harga bahan pokok akan meningkat drastis.

Bahkan kenaikan harga pada moment tersebut kadang dirasa tidak masuk akal. Sehingga pemerintah turun tangan mengatasi lonjakan harga tersebut dengan mengadakan pasar murah.

Dengan adanya pasar murah ini diharapkan mampu membatu masyarakat yang terkendala tidak mampu membeli bahan pokok.

Pasar murah untuk sebuah kegiatan amal

Namun begitu bukan berarti pasar murah diadakan hanya karena faktor kenaikan harga bahan pokok dipasaran saja.

Pasar murah juga sering diadakan oleh para dermawan yang ingin berbagi kepada masyarakat sekitar dengan cara yang berbeda.

Kegiatan amal dalam bentuk pasar murah ini tidak berkaitan dengan kenaikan harga bahan pokok, ataupun karena isu ekonomi lainnya.

Namun lebih kepada kegiatan amal perorangan ataupun kelompok yang secara ikhlas ingin beramal membagikan rejeki dengan menjual barang lebih murah dari harga standar.

Pasar murah untuk kegiatan promosi

Pasar murah ini memiliki tujuan marketing di dalamnya, namun meskipun dalam rangka promosi dan marketing, harga yang ditawarkan di kegiatan ini akan lebih rendah atau terbilang murah dari harga standar di pasaran.

Pasar murah untuk kegiatan promosi produk baru

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam mempromosikan produk barunya, agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Biasanya sebelum produk launching di pasaran, perusahaan melalui pasar murah akan menjual produknya tersebut dengan harga yang lebih murah.

Pasar murah untuk kegiatan kampanye politik

Pasar murah jenis ini biasanya dilakukan oleh bakal calon untuk memperkenalkan dirinya secara luas, sekaligus untuk mendapatkan masa pendukung.

Umumnya kegiatan pasar murah ini dilakukan oleh sebagian besar partai politik dalam menjaring masa pendukung dalam kampanye.

Kegiatan ini merupakan legal dan lebih dianjurkan daripada melakukan pawai dan hura-hura di jalanan yang hanya akan menimbulkan keresahan pengguna jalan.

Kesimpulan

Jika membahas mengenai untung dan ruginya pihak penyelenggara pasar murah, dapat kita lihat dari maksud dan tujuan diadakannya pasar murah tersebut.

Seperti misalnya jika pasar murah itu diselenggarakan oleh pemerintah, tentunya secara materi pemerintah harus menyediakan modal untuk melangsungkan acara pasar murah tersebut.

Akan dikatakan sukses dan tepat sasaran jika pasar murah yang diselenggarakan pemerintah tersebut dihadiri oleh masyarakat yang memang layak mendapatkan bantuan.

Misalnya lagi ketika dalam proses mencalonkan diri seseorang melakukan pasar murah, dan berhasil menduduki jabatan karena pendukung yang menghadiri pasar murah telah loyal untuk memenangkannya, maka pasar murah tersebut dapat dikatakan sukses dan untung.

Jadi untung ruginya tidak selalu ditakar dengan materi, semua tergantung apakah pasar murah tersebut berjalan dengan semestinya sesuai harapan dan tujuan awal.

Posting Komentar untuk "Apakah Penyelenggara Pasar Murah Tidak Rugi? Fungsi Dan Tujuannya Bagi Masyarakat"